SEKOLAH PEREMPUAN

Peran Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Literasi Digital bagi Ibu Rumah Tangga di Percut Sei Tuan

IMG_0797

Di era digital saat ini, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting. Literasi digital mencakup kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi teknologi digital serta informasi dari media digital secara kritis. Bagi ibu rumah tangga, literasi digital penting untuk mengembangkan potensi ekonomi dan memastikan keamanan serta kesejahteraan keluarga.

Sekolah Perempuan di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Sumatera Utara, didirikan untuk meningkatkan literasi digital bagi ibu rumah tangga. Sekolah ini merupakan inisiatif dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan.

Tujuan utama Sekolah Perempuan adalah memberdayakan ibu rumah tangga melalui literasi digital. Program ini mencakup berbagai pelatihan, antara lain:

  1. Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis
    • Ibu rumah tangga diajarkan cara membuat platform marketplace di akun Facebook dan Instagram mereka.
    • Pelatihan ini memberikan panduan praktis tentang cara merancang logo, membuat akun marketplace, dan strategi pemasaran yang efektif.
  2. Pelatihan Wirausaha Berbasis Digital
    • Pelatihan pembuatan aksesoris dan menjahit berbasis digital.
    • Ibu rumah tangga diajarkan keterampilan membuat produk seperti gelang, cincin, kalung, bando, dan tas.
    • Pelatihan ini juga mencakup cara memasarkan produk melalui platform marketplace.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan ketua sekolah perempuan dan seorang warga belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Perempuan telah berhasil meningkatkan literasi digital ibu rumah tangga di Desa Tanjung Rejo. Para peserta program memiliki pemahaman yang lebih baik tentang teknologi digital, berhasil membuka usaha kecil di rumah, dan memasarkan produk mereka melalui platform marketplace.

Peran Sekolah Perempuan dalam meningkatkan literasi digital memberikan dampak positif, tidak hanya bagi ibu rumah tangga tetapi juga bagi komunitas secara keseluruhan. Dengan literasi digital yang baik, ibu rumah tangga dapat lebih mandiri secara ekonomi dan berperan aktif dalam pembangunan desa.

Artikel ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan bagi masyarakat luas tentang pentingnya literasi digital, terutama bagi ibu rumah tangga, dan bagaimana inisiatif seperti Sekolah Perempuan dapat menjadi solusi efektif dalam memberdayakan mereka.